ついに、イエス様が復活された-TUHAN SUNGGUH BANGKIT

 



「ついに、イエス様が復活された」

ヨハネ20.1-9

皆さん、主の御復活おめでとうございます。復活されたイエス様の恵みと平和が皆さんと共にありますように。私達は十字架にかけられてお亡くなりになったイエス様が神様の大いなる力で復活されたことを記念してお祝いしましょう。

毎年復活の主日で読まれるヨハネの福音の冒頭は、「週の初めの日、朝早くまだ暗いうちに、マグダラのマリアは墓に行った。」という言葉です。毎年同じ言葉ですが、大変味わい深い場面だと思います。

他の弟子はどうしていたのか分かりませんが、マグダラのマリアは夜が明けるのを待ちかねて、暗いうちからイエス様のお墓に行きます。そしてそこで、復活したイエス様に出会います。

マグダラのマリアは復活したイエス様に出会った最初の人であると言われています。つまり、教会の歴史の中で、最初にイエス様の復活を信じ、そして証言したのは、女性のマグダラのマリアであったと福音書は告げています。

復活のイエス様に出会うということは、偶然に誰でもそうなったわけではありません。信仰というものが最初にあって、その信仰がイエス様の方から促されて、信じることができるようになるのではないでしょうか。マグダラのマリア、そしてペトロをはじめとする弟子達は、復活したイエス様に出会いました。それは彼等の深くて、揺るぎない信仰を証明しています。そして彼等は、迫害と戦いながら勇敢にイエスの復活を宣べ伝えました。

イエス様が復活されたことの何が私達にとってそんなに喜ばしいことなのでしょうか。イエス様は多くの苦しみを受けて十字架につけられて亡くなられましたが、復活祭とはイエス様の不運が幸運に逆転したことを喜ぶお祝いである、と考えることもできます。イエス様が亡くなったため悲しみにくれていた弟子達が、復活されたイエス様に出会って喜び勇気づけられた、ということです。復活とは弟子達の不運が幸運に逆転したことを喜ぶお祝いでもあります。

イエス様の復活を通して、私達にも復活の道が開かれました。私達はどんな時にも、どんな所でも、誰に対しても希望を持ち続けることができる、それはイエス様が蘇られたからです。つまり、私達も何度でも立ち上がってやり直すことができるということなのではないでしょうか。

ところで、2年前、Phuc神父様が吉祥寺教会から秋田県の本荘教会に行く前に、教会の庭に梅の木を植えました。そして、荒田神父様が名古屋に行く前に、荒田神父様、ビジュ神父様と私の3人で桜の木を植えました。

これから梅と桜の木がどんどん大きくなって花を咲かせてくれることを願っています。この吉祥寺教会の信者の皆さんにも、この梅と桜の木の成長を見守っていただきたいと思います。

この梅の木と桜の木は、私達司祭団にとって、特別な思い出の木です。この春、荒田神父様と私は新しい任務のために新しい所に移動します。吉祥寺教会にも新しい助任司祭(フォン神父様と森神父様)が来ます。司祭である私達にとっても、人生の節目であり、移動する度に再出発でもあります。命じられた新しい土地で、新しい任務や福音伝道活動を続けていきたいと思います。

どうぞ皆さんも、神様へ感謝をして、御復活に向けて心を喜びで満たして祝いましょう。そして、心を改めて、新しい信仰生活の再出発をしていただきたいと思います。

主の平和


 TUHAN SUNGGUH BANGKIT

Saudara/i yang terkasih, selamat merayakan Pesta Paskah. Semoga kasih karunia dan damai sejahtera dari Tuhan yang bangkit menyertai hidupmu. Marilah kita merayakan Pesta Kebangkitan Yesus Tuhan ini dengan gembira.

Setiap tahun, pada hari minggu Paskah dibacakan kata-kata berikut. “Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi sekali, saat hari masih gelap, Maria Magdalena pergi ke kubur.” Meskipun kata-kata itu dibacakan setiap tahun, namun ia menampilkan pesona tersendiri bagi kita semua.

Saya tidak tahu apa yang dilakukan murid-murid lain, tetapi rupanya Maria Magdalena tidak sabar menunggu datangnya fajar untuk segera pergi ke makam Yesus. Di saat hari masih gelap itulah dia bertemu dengan Yesus yang telah bangkit.

Maria Magdalena merupakan orang pertama yang bertemu dengan Yesus yang telah bangkit. Dengan kata lain, Injil memberi tahu kita bahwa wanita pertama dalam sejarah gereja yang percaya dan bersaksi tentang kebangkitan Yesus adalah Maria Magdalena.

Yang pasti, bertemu dengan Yesus yang telah bangkit tidak dialami oleh semua orang. Iman adalah hal yang pertama, dan iman itu didorong oleh Yesus untuk dapat percaya. Maria Magdalena dan para murid lain, termasuk Petrus, bertemu dengan Yesus yang telah bangkit karena didorong oleh keinginan kuat mereka. Hal itu membuktikan bahwa iman mereka begitu dalam dan tak tergoyahkan. Dengan iman yang sama itu pulalah, mereka berani memberitakan kebangkitan Yesus saat itu.

Apa yang membuat kita begitu bahagia ketika merayakan hari raya Paskah? Saya ingin mengajak anda untuk mereungkan sekilas tentang kisah Tuhan Yesus berikut. Tuhan Yesus rela menderita dan mati di kayu salib, namun bangkit dan mengalahkan kuasa dosa dan maut. Para murid yang menyaksikan peristiwa itu sangat bahagia. Dan ini berarti bahwa kebangkitan Yesus membawa sukacita bagi hidup kita semua. Lantaran, melalui kebangkitan Yesus, jalan kebangkitan hidup kita pun dibuka. Kita tidak perlu lagi takut menghadapi kematian sebab Tuhan telah menyiapkan jalan dan tepat bagi kita.

Dua tahun lalu, sebelum P. Phuc, SVD berpindah dari Gereja Kichijoji ke Gereja Honjo di Prefektur Akita, dia menanam pohon ume di taman gereja. Beberapa hari lalu, sebelum P. Arata, SVD berpindah ke Nagoya, Kami bertiga (P. Bhiju, SVD, P. Arata, SVD, dan P. Andy SVD) menanam pohon Sakura. Saya berharap semoga pohon Ume dan pohon Sakura yang kami tanam terus tumbuh dan berbunga. Saya pun berharap agar umat gereja Kichijoji dapat mengawasi pertumbuhan kedua pohon ini.

Pohon Ume dan pohon Sakura ini adalah kenangan khusus dari kami untuk umat. Lantaran, di tengah musim semi ini, P. Arata dan saya berpindah ke tempat tugas yang baru. Kami berdua akan digantikan oleh dua imam muda lainnya (P. Von, SVD dan P. Mori, SVD). Pergantian tugas seperti ini adalah tonggak sejarah baru dalam hidup kami. Setiap saat kami berpindah, setiap saat itu pula akan menjadi awal baru bagi kami.

Saudara/i yang terkasih. Marilah kita sekali lagi bersyukur kepada Tuhan dan rayakan kebangkitan dengan hati yang gembira. Sebab kekal abadi kasih setia-Nya pada kita. Saya pun berharap agar anda mampu membawa semangat kebangkitan seperti yang kita rayakan hari ini dalam hidupmu tiap hari.

Damai Tuhan menyertai

Comments

Popular posts from this blog

常に心を神様に向けて生きる-TURN YOUR HEART TO GOD

神様の招きに答える-ANSWERING GOD'S INVITATION

行動を伴わない信仰は信仰ではない-FAITH WITHOUT WORKS IS ESSENTIALLY DEAD